Jumat, 29 Juni 2012

[penting] memilih ban yang cocok buat motor



Bikers sering menghadapi masalah ketika datang ke toko untuk memilih ban yang tepat agar sesuai dengan sepeda motor dan kondisi jalan dan kenyamanan yang mereka harapkan. Selain menciptakan visual dan koneksi fisik ke jalan, ban itu sama pentingnya dengan hal kritis lainnya pada komponen sepeda motor. Ini terjadi ketika berbagai elemen yang perlu dipertimbangkan, seperti kategori sepeda motor Anda sendiri dan kondisi Anda saat berkendara tentunya.

Untuk memulainya, Anda harus berkonsultasi dengan pemilik manual yang menentukan jenisnya, tidak harus merek, direkomendasikan untuk ban sepeda motor Anda, yang mungkin mencakup fitur seperti ukuran, rating kecepatan dan desain tapak. Anda juga harus mencari bias ban yang tepat dan material komposit.

Ban sepeda motor harus berbeda untuk bagian depan dan bagian belakang sepeda motor, tergantung pada tujuan khusus dirancang apa yang akan dicapai. Percepatan sebagian besar disediakan oleh ban belakang, dan pasokan ban depan lebih dari daya pengereman daripada yang diperlukan oleh ban belakang dengan demikian perbedaan persyaratan untuk pengereman ban sepeda motor.


Sama seperti Anda tahu, ban depan sepeda motor bergantian kiri dan kanan untuk mengakomodasi arah yang diinginkan, sementara ban belakang hanya tunduk pada sepeda motor. Karena ban belakang membawa sebagian besar berat, hal ini akan mempengaruhi desain dan persyaratan spesifikasi .

Ban Racing


Unsur-unsur dasar setiap pengendara profesional mencari ketika memilih ban adalah bagaimana ban terhubung ke trek dan bersandar pada sudut ekstrim. Ban harus memungkinkan lengket saat menikung, percepatan ekstrem dari posisi berdiri atau keluar dari tikungan serta atas banyaknya jam konstan di trek balap.

Ban Sport



Ban jenis ini biasanya memiliki gaya radial pola tapak yang memungkinkan untuk kontak yang lebih besar dengan permukaan jalan. Ban harus menawarkan kepatuhan yang tepat ke jalan, kemudahan menikung dan memberikan handling yang lebih baik, baik dalam lingkungan yang basah dan kering. Anda juga bisa mendapatkan ban dengan tapak kurang traksi yang lebih baik di trek tapi cukup untuk penggunaan di jalan dalam kondisi cuaca kering. Terbuat dari senyawa lebih keras daripada yang digunakan untuk membuat ban racing, ban ini lebih tahan keausan.

Ban Touring


Jika Anda naik motor jarak jauh di jalan raya, maka jarak tempuh yang tinggi, semua ban harus cukup tahan untuk semua cuaca. Ban harus memberikan stabilitas yang sangat baik sehingga pengendara membuat sedikit usaha dalam mengendalikan sepeda motor, ban Touring sepeda motor memiliki lapisan yang berlapis karet sintetis maupun komposit mesh yang membantu untuk memberikan keseimbangan yang baik antara kapasitas beban dan kenyamanan.

Bagaimana meningkatkan daya tahan ban:

Ban yang terbaik belum tentu selalu awet, maka sangat penting untuk mempertahankan keoptimalan dan menggunakannya sebaik-baiknya. Beberapa saran mengenai bagaimana Anda dapat memperpanjang daya tahan ban seperti di bawah ini,

membersihkan ban dengan deterjen dan pastikan untuk mencuci ban dengan benar
tidak menggunakan bahan kimia yang hanya akan memperburuk kinerjanya
bersih dan dengan wax roda setiap minggu; bila velg aluminium, bisa memakai penggunaan bahan bebas korosi kimia untuk membuatnya bebas karat
memeriksa ban untuk tekanan yang benar setiap kali Anda mencapai jalan
memeriksa ban dan roda dari retak atau baut mur longgar untuk mencegah kecelakaan

Ingat! Sebuah pilihan yang tepat ban untuk perjalanan Anda akan tidak hanya menyediakan penanganan yang lebih baik, tetapi bisa juga membuat Anda aman dan mencegah Anda celaka dalam beberapa situasi. meskipun harga adalah penting, tidak berlaku saat membeli ban. Berpikir murah tapi akibatnya bila celaka biaya bisa lebih mahal.

Berikut ini daftar merek (merk) ban motor di Indonesia:

Bridgestone (PT. Bridgestone Tire Indonesia, Indonesia)
Federal / FDR (Astra, Indonesia)
IRC (Gajah Tunggal, Indonesia)
Kenda (Taiwan)
Michelin (PT Michelin Indonesia, Perancis)
Swallow
Mizzle (??? ???)
Pirelli (Astra, Italia) – sedang proses pembuatan pabrik
source-berbagai sumber

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Hallo, saya mau tanya.
ban dunlop yang sesuai untuk touring tipe apa ya?

cantik-sukses mengatakan...

gan ini ada artikel tentang ban mobil dunlop http://dunlop.co.id/blog/2015/06/01/mengenali-ban-yang-cocok-dengan-mobilmu/ semoga bermanfaat menentukan tipe ban yg cocok buat agan :)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates