Jumat, 29 Juni 2012

[modif] Bajaj Pulsar 220, 2012 (Jakarta)

Bajaj Pulsar 220, Salah Alamat


Enggak masalah buat harian dan turing!
Mungkin Eddy Priyanto salah satu pemilik Bajaj Pulsar yang nyeleneh. Ceritanya doi baru saja pesan Bajaj Pulsar 220 terbaru dari dealer. Bukannya pengiriman langsung dialamatkan ke tempat tinggalnya, malah dia minta dikirim ke bengkel modifikasi.

Kalau hanya dimodifikasi pasang variasi bolt on dengan style turing atau kaki-kaki limbah itu mah bisa. Tapi, kar-yawan yang bekerja di salah satu instansi pemerintahan ini mengirim motor ke bengkel Studio Motor Custom Bike yang biasa ngechop rangka standar motor. Wah salah alamat nih….!

“Bukan bro, sejak awal dia memang ingin punya motor custom dengan style bobber. Tetapi, basicnya pakai motor sport yang enggak biasa dicustom,” lanjut Donny Ariyanto, builder dari Studio Motor Custom Bike yang bertempat di Jl. Kesehatan, Bintaro.

Honda Tiger atau Yamaha Scorpio memang sudah banyak yang diandalkan untuk custom bergaya bobber. Makanya biar terlihat beda dan bikin penasaran, dipilih Bajaj Pulsar 220. Unit baru pun dipreteli seluruh bagian bodinya. Jadinya yang tersisa hanya rangka dan mesin.

Ubahan Brit Bob rupanya yang di inginkan oleh Eddy, idenya diambil dari Triumph Bonneville hasil rancangan Jens vom Brauck dari rumah modifikasi Urban Motor asal Berlin yang jadi eksekutornya.

Memang rangka Pulsar sudah mendukung tampilan ini. Apalagi gaya retronya sudah diwakili aplikasi sok belakang dobel bawaan motor. “Tinggal mengolah rangka belakang agar enggak terlalu banyak tekukan,” urai builder yang juga hoby fotografi ini.

Langsung bagian sasis belakang, diolah dengan memangkas ujung rangka sampai 15 cm dan dirol setengah membulat. Ubahan rangka dilakukan agar jok tidak terlalu lebar dan bentuknya rata dengan dudukan tangki.

Untuk penutup pada bagian bodi samping dibuatkan cover baru yang mengandalkan pelat besi. Modelnya dibentuk agak persegi untuk menutupi areal dudukan aki dan kelistrikan motor. Sedangkan sepatbor dibikin ulang yang bentuknya minimalis.

Buat peredam kejut, keduanya masih mengandalkan suspensi bawaan motor. Areal roda dan pelek saja yang sudah diganti pakai produk aftermarket dengan bibir pelek lebih lebar.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Avon 400-18
Ban belakang : Avon 400-18
Knalpot : Jet Hot Custom
Jok: MB-Tech
Studio Motor: (021) 92653870
source - (motorplus-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates